Contoh Proposal Ruang Kelas Baru
Proposal biasanya indentik dengan surat pengajuan dana untuk suatu kegiatan atau surat pengajuan terhadap seponsor, sebenarnya proposal memiliki arti lebih dari itu. Untuk itu kami akan memberikan contoh proposal Ruang Kelas (RKB) Baik Jenjang TK/PAUD/SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK untuk di ajukan kepada pemerintah atau kepada donatur lainnya.
berikut ini adalah salah satu contoh proposal untuk jenjang SMP atau sederajat tetapi juga bisa digunakan untuk jenjang lainnya tinggal di rubah saja (.).
YAYASAN MARAQITTA’LIMAT SMP ...................................................... KEC. ......................KAB. LOMBOK TIMUR - NTB STATUS TERAKRIDITASI "B" | |
Alamat : Jl. Jurusan Mamben Daya – Kembang Kerang, Mamben Daya – Wanasaba – Lombok Timur, E-mail smpmtmamben@yahoo.co.id, KP. 83658 |
SURAT PENGANTAR
Nomor : 032/SMP.218/MT/II/2015
Kepada
Yth. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
di-
Jakarta
No. | Jenis Barang/Surat | Banyaknya | Keterangan |
1. | Proposal Permohonan Bantuan Ruang Kelas Baru SMP ....................... Tahun 2015. | 1 Exp. | Dikirim dengan hormat untuk maklum dan dapat dikabulkan. |
Mamben Daya, 15 Januari 2015
Kepala Sekolah,
SUPRATMAN, S.Pd.
NIP. 19721231 200701 1 202
YAYASAN MARAQITTA’LIMAT
SMP ..............................................
LOMBOK TIMUR – NTB
STATU TERAKREDITASI
Jln. Jurusan Kembang Kerang Desa Mamben Daya Kec. Wanasaba – NTB Email: smp.mtmamben@gmail.com
Mamben Daya, 15 Januari 2015
Nomor : 032/SMP.218/MT/II/2015
Lampiran : 1 (satu) gabung
Hal : Mohon Bantuan Dana Rencana Ruang Baru (RKB)
Kepada
Yth. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
di-
Jakarta
Assalammualaikum Wr. Wb
Salam silaturrahim kami teriring Do'a semoga kita senantiasa dalam ridla dan lindungan Allah swt. Amiin.
Seiring dengan bertambahnya rombel di SMP ...................................., bersama ini kami sampaikan dengan hormat kepada Bapak bahwa pada kalender Akademik 2014/2015 ini kami bermaksud mengupayakan tersedianya ruang kelas baru. Pengadaan Ruang Kelas Baru tersebut diperkirakan menelan biaya sebesar ± Rp. 632.323.134 ( Enam ratus tiga puluh dua juta tiga ratus dua puluh tiga ribu seratus tiga puluh empat rupiah), dengan rincian sebagaimana terlampir pada RAB proposal ini.
Berkenaan dengan hal diatas, bersama ini kami mengajukan permohonan kepada Bapak untuk dapatnya memperoleh bantuan dana RKB untuk kelancaran Proses belajar mengajar dan demi tercapainya Visi, Misi serta tujuan Pendidikan di Sekolah kami.
Sebagai bahan pertimbangan Bapak, bersama ini kami lampirkan:
· Susunan Panitia Pembangunan
· Photo copy KTP Kepala Sekolah
· Photo copy Rekening PT. Bank NTB
· Piagam Akreditasi
· Akte Notaris Yayasan
Demikian surat permohonan ini kami sampaikan atas perhatian dan perkenan Bapak, kami sampaikan banyak terima kasih.
Hadannalahu’waikum Ajmain
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Mengetahui Kepala bidang Kabid Dikdas (.................................) NIP. | Kepala Sekolah, (................................................) NIP. |
LEMBAR PENGESAHAN
PROPOSAL BANTUAN DANA RUANG KELAS BARU ( RKB )
SMP ..........................................
Pada tanggal, …………………. 2015
Oleh
Kepala Dinas Pendidikan Pemudadan dan Olah Raga Kabupaten Lombok Timur
Setelah ditanda tangani oleh Ketua Komite Sekolah
Dan Kepala SMP Maraqitta’limat Mamben
Kepala Bidang Kabid Dikdas, (______________________) NIP. | Kepala Sekolah, (______________________) NIP. |
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, hanya dengan kehendak dan anugerah-Nya kami dapat menyusun proposal ini. Shalawat dan salam semoga selamanya dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, para sahabat, tabi’in dan umatnya yang taat pada sirah beliau sampai akhir zaman.
Tujuan Pendidikan Nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD RI 1945 dan UU Sistem Pendidikan Nasional No. 02 tahun 1989 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggungjawab kepada masyarakat dan bangsa.
Tujuan pendidikan tersebut dapat terwujud bila lembaga pendidikan dapat mengoptimalkan para peserta didiknya melalui berbagai kegiatan, baik dalam bentuk intra kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler. Selain itu faktor lain yang mendukung tujuan di atas juga adalah keberadaan sarana dan prasarananya, baik berupa bangunan gedung yang permanen, lingkungan yang bersih, nyaman dan rindang, maupun juga perlengkapan belajar lainnya. Sehingga diharapkan peserta didik merasa betah belajar dan memiliki kebanggaan terhadap almamaternya dan mampu meningkatkan motivasi belajarnya.
Akhirnya hanya kepada Allah SWT selamanya memberikan Taufik dan Hidayah-Nya kepada kita semua dan menanamkan sifat keikhlasan dan ketabahan kepada kita dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, khususnya dalam dunia kependidikan. Amin.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Mamben Daya, 15 Januari 2015
Kepala SMP Maraqitta’limat Mamben
SUPRATMAN, S.Pd.
NIP. 19721231 200701 1 202
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ....................................................................................................... i
DAFTAR ISI .................................................................................................................... ii
BAB I : PENDAHULUAN ............................................................................................... 1
Latar Belakang ................................................................................................ 1
Maksud dan Tujuan ......................................................................................... 1
BAB II : VISI, MISI DAN STRATEGI ................................................................................ 2
VISI ......................................................................................................................... 2
MISI ....................................................................................................................... 3
STRATEGI .......................................................................................................... .. 3
BAB III : RENCANA PROGRAM DAN RENCANA ANGGARAN..................................... 4
Rencana Program ........................................................................................... 4
Rencana Pelaksanaan ................................................................................... 4
Rincian Anggaran terlampir .......................................................................... 4
BAB IV : PROFIL / KEADAAN SEKOLAH ..................................................................... 5
Data Sekolah .................................................................................................... 5
Keadaan Guru .................................................................................................. 5
Keadaan Siswa ................................................................................................ 5
Keadaan Sarana dan Prasarana .................................................................. 6
BAB V : PENUTUP ......................................................................................................... 7
LAMPIRAN-LAMPIRAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Keberhasilan pembangunan dewasa ini sangat tergantung kepada keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM). SDM yang berkualitas merupakan fakor penunjang bagi kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Tanpa SDM yang berkualitas, mustahil bagi suatu bangsa dapat mencapai kemajuan dalam segala bidanng kehidupan.
Ketersediaan SDM yang berkualitas tentunya merupakan tanggung jawab fundamental bagi suatu lembaga pendidikan. Hal tersebut bukanlah perkara yang mudah dan sederhana, tetapi persoalan yang memerlukan upaya yang serius dan sungguh-sungguh dalam menanganinya. Pendidikan yang fundamental berkaitan langsung dengan pembentukan kognitif, efektif dan psikomotor peserta didik secara komprehensif, yang harus mendapat perhatian serius bagi para pendidik, pimpinan lembaga pendidikan dan masyarakat umum sebagai pengguna jasa kependidikan (costumer).
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnyan di jenjang pendidikan Menengah Pertama, perlu ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai, gedung yang permanen, kokoh dan refresentatif, serta lingkungan belajar yang nyaman, bersih dan asri sehingga tumbuh rasa bangga dan percaya diri pada siswa dan mereka akan merasa betah selama berada di sekolah tersebut. Selain itu juga, para pendidik dapat mampu menciptakan suasana pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan (PAIKEM).
Oleh karena itulah, melalui proposal ini kami bermaksud melengkapi sarana dan prasarana penunjang pembelajaran, sehingga SMP ..................... tidak tertinggal terlalu jauh dari sekolah-sekolah setingkat lainnya dan mampu menyongsong tantangan kehidupan di masa depan yang lebih kompleks dan berat. Insya Allah.
B. Maksud dan Tujuan
1. Maksud
a. Menambah ruang kelas karena SMP ..................................... kekurangan ruang belajar, ruang perpustakaan, ruang Laboratorium, dll.
b. Melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran agar representatif, memadai dan menunjang proses belajar mengajar.
2. Tujuan
a. Meningkatkan mutu pendidikan melalui optimaklisasi dan efektivitas pembelajaran.
b. Meningkatkan peran serta dan tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan.
c. Merangsang animo masyarakat untuk tetap menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
BAB II
VISI, MISI DAN STRATEGI
A. VISI
Visi SMP Maraqitta’limat Mamben adalah :
“Terwujudnya Insan Yang Beriman dan Bertaqwa, Unggul Dalam Prestasi dan Trampil”
Adapun Indikatornya adalah, sbb :
No | Nilai | Indikator |
1. | Beriman dan bertaqwa | · Membuyakan bacaan - bacaan takbir, tahmid, tahlil, istigfar dan do’a – do’a pendek dalam kehidupan sehari – hari. · Mengadakan tadarusan Al-qur’an menjelang pelajaran dimulai. · Melaksanakan Sholat Duha. · Mengawali dan mengahiri pelajaran dengan aktivitas sehari – hari dengan berdo’a. · Melaksanakan sholat dzuhur berjamaah di sekolah. · Membayar infak setiap hari jum’at di sekolah. |
2. | Unggul dalam prestasi | · Kompetitip dalam prolehan nilai akademik. · Kompeetitip dalam olimpiade sains. · Kompetitip dalam seni baca Al-qur’an dan tahfizul qur’an. · Kompetitip dalam seni & olahraga. · Kompetitip dalam kegiatan pramuka/PMR/UKS/KIR · Kompetitip dalam berpidato 3 bahasa (Bahsa Indonesia, Bahsa Inggris maupun Bahasa Arab). |
3. | Trampil | · Memiliki skill yang menunjang peserta didik untuk hidup mandiri. · Mampu menyelesaikan pekerjaan atau tugas belajar de.ngan menggunakan teknologi. · Mampu berkomunikasi jarak jauh dengan memanfaatkan ketersediaan prangkat teknologi berbasis internet. · Mampu menyampaikan informasi melalui media E-mail. · Mampu mengumpulkan informasi melalui media berita online. · Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahsa inggris dan bahsa arab baik secara lisan maupun tulisan. |
B. MISI
“Terwujudny Pengembangan Kurikulum Yang Adaptif Dan Proaktif”
Membimbing siswa agar dengan kesadarannya taat dalam menjalankan ajaran agama.Melaksanakan imtaq secara rutin dan terprogram bagi seluruh warga sekolah.Mengembangkan sikap dan prilaku seluruh warga sekolah sebagai cermin luhurnya, budi pekerti, berakhlak mulia, dalam berupaya meningkatkan iman dan taqwaMelaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efesien.Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan mengoptimalkan potensi dan prestasi akademi dan siswa.Mendorong dan membantu siswa dalam mengenali dirinya dalam mengupayakan peningkatan prestasi non akademik yang meliputi prestasi dalam bidang olahraga, kesenian dan eterampilan.Menningkatan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan potensi dan minat siswa sehingga dapat dikembangkan secara optimal. Mendorong seluruh warga sekolah untuk dapat bekerja keras dan bekerja ikhlas
C. STRATEGI
a. peningkatan Standar Isi
b. peningkatan Standar Proses
c. peningkatan Standar Kompetensi Lulusan
d. peningkatan Standar Pendidik dan Tenaga Pendidikan
e. peningkatan Standar Sarana dan Prasarana
f. peningkatan Standar Pengelolaan
g. peningkatan Standar Pembiayaan
h. peningkatan standar Penilaian Pendidikan.
BAB III
RENCANA PROGRAM DAN RENCANA ANGGARAN/ PELAKSANAAN
A. RENCANA PROGRAM
Bertitik tolak pada tujuan pendidikan nasional serta dengan memperhatikan kendala yang dihadapi untuk mencapai tujuan, kami berupaya untuk mengoptimalkan program Pembangunan Ruang Kelas SMP Maraqitta’limat Mamben ini sehingga dapat mendukung terlaksananya kegiatan belajar mengajar bagi guru dan peserta didik.
Adapun rencana program yang akan kami laksanakan antara lain:
a. Penambahan Ruang Kelas Baru
b. Perbaikan pagar dan pembuatan gapura sekolah
c. Penataan halaman sekolah/Pembuatan Taman.
d. Penambahan meubelair
B. RENCANA PELAKSANAAN
Untuk mencapai hasil yang optimal dan berkualitas pelaksanaan pembangunan harus mengarah pada kualitas hasil pekerjaan. Oleh karena itu, sebagai langkah awal kami sudah membentuk Panitia Pembangunan Ruang Kelas Baru SMP Maraqitta’limat Mamben yang melibatkan semua unsur-unsur yang terkait yang terdiri atas unsur Komite Sekolah, pimpinan sekolah dan masyarakat, sehingga program ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien serta transparan (terbuka).
Adapun susunan anggota Panitia Pembangunan Ruang Kelas Baru SMP Maraqitta’limat Mamben sebagaimana terlampir.
C. Rincian Anggaran
Biaya yang diperlukan untuk rencana pembangunan tersebut yaitu sebesar ± Rp. 632.323.134 ( Enam ratus tiga puluh dua juta tiga ratus dua puluh tiga ribu seratus tiga puluh empat rupiah), dapat dikirim melalui Rekening PT.Bank NTB. Sekolah kami atas nama “SMP MT MAMBEN” dengan nomor rekening ……………………
PROFIL/ KEADAAN SEKOLAH
1. | Nama Sekolah | : | |||
2. | NPSN | : | |||
3. | NSS | : | |||
4. | Akreditasi Sekolah | : | |||
5. | Alamat lengkap Sekolah | : | |||
Desa | : | ||||
Kecamatan | : | ||||
Kabupaten | : Lombok Timur | ||||
Provinsi | : Nusa Tenggara Barat | ||||
Tlp./HP | : | ||||
E-mail | : | ||||
Website | |||||
6. | NPWP Sekolah | : | |||
7. | Nama Kepala | : | |||
8. | Pendidikan Terakhir | : S1 | |||
9. | Nomor Tlp./HP Kepala | : | |||
10. | Alamat Yayasan | : | |||
11. | Nomor Tlp./HP Yayasan | : | |||
12. | No. Akta Pendirian Yayasan | : | |||
13. | Status tanah | : | |||
- | Luas Tanah | : | |||
14. | Status bangunan | : Milik sendiri | |||
- | Tingkat Bangunan | : 1 (satu) lantai | |||
- | Luas Bangunam | : 235 m2 | |||
15. Keadaan Guru
1. Guru Tetap Yayasan : Laki 7 Orang, Perempuan : 8 Orang
2. Guru Tetap PNS : Laki 1 Orang, Perempuan : - Orang
3. Guru Tidak Tetap Non PNS : Laki - Orang, Perempuan : 3 Orang
4. Guru Kontrak Depag : Laki - Orang, Perempuan : - Orang
5. Guru Kontrak Diknas : Laki - Orang, Perempuan : - Orang
16. | Data Peserta Didik |
Tahun Ajaran | Jml Siswa (Calon siwa Baru) | Kelas -7 | Kelas-8 | Kelas -9 | JmlKelas (7+8+9) | ||||
Jml. Siswa (orang) | Jml. Rombel (Rbl) | Jml Siswa (orang) | Jml. Rombel (Rbl) | Jml Siswa (orang) | Jml. Rombel (Rbl) | Jml Siswa (orang) | Jml. Rombel (Rbl) | ||
2012/2013 | 25 | 25 | 1 | 26 | 1 | 35 | 1 | 86 | 3 |
2013/2014 | 23 | 23 | 1 | 25 | 1 | 24 | 1 | 72 | 3 |
2014/2015 | 46 | 46 | 2 | 23 | 1 | 25 | 1 | 94 | 4 |
17. | Data sarana dan Prasarana | ||||||||
No | Jenis Sarana Prasarana | Jml Ruang | Kategori Ruangan | ||||||
Baik | Rusak Ringan | Rusak Sedang | Rusak Berat | ||||||
1. | Ruang Kelas | 3 | 2 | - | 1 | ||||
2. | Perpustakaan | - | |||||||
3. | R. Lab. PAI | - | |||||||
4. | R. Lab. Biologi | - | |||||||
5. | R. Lab. Fisika | - | |||||||
6. | R. Lab. Kimia | - | |||||||
7. | R. Lab. Komputer | - | |||||||
8. | R. Lab. Bahasa | - | |||||||
9. | R. Kepala Sekolah/Wakamsek | 1 | 1 | ||||||
10. | R. Guru | 1 | 1 | ||||||
11. | R. Tata Usaha | - | |||||||
12. | R. Komite | - | |||||||
Mamben Daya, 15 Januari 2015
Kepala SMP Maraqitta’limat Mamben
SUPRATMAN, S.Pd.
NIP. 19721231200701 1 202
BAB V
PENUTUP
Demikian proposal rencana pembangunan Ruang Kelas Baru SMP .......................................disusun dengan pedoman bagi panitia untuk melaksanakan tugasnya dan sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak yang berniat untuk berpartisispasi memberi dukungan baik moril maupun materiil demi terwujudnya rencana resebut.
Dengan segala kerendahan hati kami sampaikan ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang akan turut membantu terlaksananya rencana ini.
Akhirnya hanya kepada Allah kita gantungkan segala harapan dan keinginan disertai dengan Do’a semoga Dia senantiasa mengetuk hati hamba-hamba-Nya, untuk mengulurkan bantuan demi terlaksananya pembangunan Ruang Kelas Baru SMP Maraqitta’limat Mamben ini.
Mamben Daya. 15 Januari 2015
Kepala SMP ....................... (..................................................) NIP. |
0 Response to "Contoh Proposal Ruang Kelas Baru"
Post a Comment